Pemain tim nasional Spanyol ditunggu bonus besar. Syaratnya adalah, mereka harus bisa menjadi juara Piala Dunia 2018 Rusia.

Piala Dunia Rusia 2018 memang baru akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang. Namun Federasi sepak bola Spanyol (RFEF) menjanjikan bonus sebesar 800 ribu euro atau setara Rp 13 miliar. Nominal tersebut akan diberikan kepada masing-masing pemain.

Seperti dalam kabar yang dilansir dari Marca, pemberian bonus tersebut merupakan kesepakatan antara RFEF dengan tim nasional Spanyol. Namun, nominal bonus belum disahkan dalam perjanjian tertulis.

Biasanya, besaran bonus diumumkan tepat usai squad La Furia Roja menyelesaikan pertandingan terakhir pertandingan uji coba sebelum Piala Dunia. Kali ini, bonus ditetapkan usai pemilihan presiden RFEF pada 9 April 2018.

Jika melihat bonus di Piala Dunia sebelumnya, RFEF selalu menambahkan nominal bonus. Sebagai gambaran, sebelum Piala Dunia 2014 di Brasil, masing-masing penggawa tim Matador ini dijanjikan bonus sebesar 720 euro atau sekitar Rp 11,5 miliar jika berhasil keluar sebagai juara.

Bonus yang dijanjikan RFEF terbilang sangat besar. Namun uang sebanyak itu tentu tidak akan membuat federasi bangkrut. Pasalnya, jika tim nasional Spanyol keluar sebagai juara dunia 2018, RFEF akan diganjar hadiah senilai 35 juta dolar atau setara dengan Rp481,2 Miliar.

Selain itu, status juara dunia juga bisa memberikan dampak positif di sektor perekonomian Spanyol selama empat tahun ke depan. Dengan demikian, pengeluaran bonus yang akan diberikan kepada seluruh pemain timnas bisa tertutup.