Untuk Amankan 3 Poin, MU Bermain Dengan 5 Bek

Manchester united

Manchester United kurang mendominasi seperti biasanya saat berhadapan dengan Southampton. Manajer MU, Jose Mourinho, mengaku mengistruksikan para pemainnya bermain bertahan agar bisa mengamankan poin penuh.

The Red Devils memetik kemenangan 1 – 0 saat berkunjung ke markas Southampton di St Mary Stadium, Sabtu (23 September 2017) malam WIB. Gol semata wayang dalam pertandingan itu dibukukan oleh Romelu Lukaku pada menit ke-20.

Dalam pertandingan kontra Southampton, MU kalah dalam hal penguasaan bola dalam data yang dilansir oleh Sport Radar. Mereka mencatatkan penguasaan bola hanya sebesar 37 persen di sepanjang pertandingan.

Pada babak kedua, The Saints bahkan sempat membuat barisan pertahanan MU keteteran. Mereka melakukan enam kali percobaan, dua mengarah ke gawang. Sementara itu, MU yang mengandalkan serangan balik, dua kali melepaskan tembakan, satu tendangan mengarah ke gawang.

MU melakukan pendekatan yang lebih defensif di sepanjang babak kedua. Mourinho bahkan sampai memakai formasi 5 bek di menit-menit akhir pertandingan. Mourinho menurunkan Chris Smalling di menit ke-75 dan Daley Blind untuk menggantikan Marcus Rashford pada masa injury time babak kedua.

“Tidak mungkin kami selalu bermain di kualitas tertinggi, tapi kami tetap bekerja keras. Kami melakukannya selama 25 menit, apa yang banyak dilakukan oleh banyak tim selama 90 menit, saya memakai formasi lima bek dan bertahan,” kata Jose Mourinho di BBC.

“Kami mempunyai dua kesempatan untuk mengakhiri pertandingan, itu merupakan suatu hal yang bisa kami lakukan. Tapi, saya salut dengan semangat para pemain, mereka mencoba untuk bermain, mereka memasukkan striker kedua, untuk bermain lebih terarah. Tapi, kami berjuang sangat keras dan saya bahagia dengan kemenangan ini.”

“Saya tidak memainkan pemain-pemain utama saya di laga melawan Burton Albion kemarin. Mungkin itu karena cuaca panas sebab kami tidak banyak memperoleh sinar matahari yang terik di Manchester. Saya merasa anak-anak tidak tajam, jadi yang harus kami lakukan untuk mengamankan poin,” jelas Jose Mourinho.