Gerard Pique telah menjadi tembok kokoh di barisan pertahanan Azulgrana lebih dari satu dekade. Akan tetapi harus diketahui bahwa si pemain kini telah menginjak usia 31 tahun.

Dengan usianya yang terus bertambah, sudah tentu performa Pique bakal ikut anjlok. Apalagi klub sekaliber Barcelona butuh seorang bek yang kuat agar bisa bersaing di tingkat tertinggi.

Meskipun demikian Pique masih bisa tampil bersama Barcelona dalam beberapa tahun mendatang. Tapi saat ini adalah waktu yang pas mencari pengganti. Dan di bawah ini tiga bek yang bisa menggantikan posisi Gerard Pique di Barcelona.

1. Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt 2018

Barcelona sendiri telah memburu jasa De Ligt dan dia menjadi pilihan yang cocok untuk raksasa Katalan. Defender kelahiran 19 tahun tersebut sudah memperkuat tim utama Ajax dan tim nasional Belanda. Barca nampak semakin getol memburu pemain muda itu usai Samuel Umtiti dibekap cedera sehingga tok permain bertahan menipis.

Musim 2018-2019 ini pemain berdarah Belanda tersebut telah memainkan tujuh laga bersama Ajax dan belum pernah kalah. Bahkan dalam kurun waktu itu Ajax cuma kemasukan sebiji gol dan skor berakhir seri. De Ligt bisa menjadi aset masa depan dan duetnya bersama Umtiti akan disegani di masa depan.

2. Virgil van Dijk

virgil van dijk 2018

Virgil van Dijk merupakan pemain lain yang bisa menggantikan sosok Gerard Pique di Barcelona. Van Dijk punya semuanya sebagai seorang bek tengah, fisik menjulang tinggi sehingga bisa memenangi duel udara dan menempuh keputusan yang tepat saat pemain lawan memberi tekanan.

Van Dijk merupakan tembok kokoh Liverpool sepanjang musim ini. Bersama dengan Clement Lenglet atau Samuel Umtiti, clean sheet seakan menjadi jaminan bagi Los Azulgrana. Di delapan pertandingan EPL musim ini Liverpool cuma kemasukan tiga gol saja.

3. Eric Bailly

eric bailly 2018

Satu bek paling agesif sekarang ini ialah Eric Bailly. Walaupun Manchester United sulit menemukan performa terbaik, Bailly bakal meningkatkan kualitas lini bertahan Barcelona.

Bailly dan Umtiti bisa menjadi duo superior di barisan belakang Barcelona. Pada musim ini Bailly tidak sering dimainkan oleh pelatih Jose Mourinho dan baru memainkan lima laga bersama The Red Devils di Premier League.