Piala Dunia 2018 seperti sebuah sebuah penantian yang sangat panjang untuk tim nasional Peru. Setelah kurang lebih 36 tahun absen, mereka akhirnya bisa kembali merasakan tampil di kompetisi sepakbola paling akbar di Dunia.

Piala Dunia 2018 Rusia merupakan keikutsertaan Peru yang kelima di sepanjang Piala Dunia. Sebelumnya, tim yang berjuluk La Blanquirroja ini tampil dalam ajang Piala Dunia 1930, 1970, 1978, dan 1982.

Tim yang sekarang diasuh oleh Ricardo Gareca sendiri bisa dibilang adalah tim tradisional di Piala Dunia 2018. Mereka bahkan merupakan salah satu kontestan Piala Dunia pertama tahun 1930, di mana mereka pada saat itu tampil sebagai undangan dalam turnamen akbar tersebut.

Jika dilihat dari segi prestasi, Peru bukanlah tim besar di Piala Dunia. La Blanquirroja hanya empat kali lolos ke putaran Final Piala Dunia, di mana pada tahun 1930 mereka tampil sebagai tim undangan.

Pencapaian kesebelasan Peru juga tidak bagus-bagus amat, di mana prestasi tertinggi mereka adalah babak perempat Final Piala Dunia 1970, di mana pada saat itu mereka ditumbangkan oleh raksasa Amerika Selatan, Brasil.

Hampir sama seperti Australia, yang menjadi salah satu rival di Grup C, Peru juga harus melalui pertandingan kualifikasi yang panjang. Setelah menempati peringkat kelima di kualifikasi zona Amerika Selatan, Los Incas menjalani laga kualifikasi antarzona menghadapi Selandia Baru.

Peru yang pernah sempat lolos ke babak perempat final di Piala Dunia 1970 akan mengandalkan beberapa pemain gaek seperti Jefferson Farfan dan Paolo Guerrero. Mantan pemain Timnas Argentina, Ricardo Gareca, mendapat kepercayaan untuk menangani Timnas Peru pada 2015 hingga sekarang.