Selama 25 Tahun, Francesco Totti Mengukir Sejarah AS Roma

francesco totti

 

Striker AS Roma, Francesco Totti, telah menjalani pertandingan terakhirnya dalam seragam I Giallorossi. Selama 2 dekade lebih setia membela satu klub, ia mengukir banyak sejarah.

Pertandingan giornata ke-38 Serie A 2016/2017, jadi acara perpisahan Totti bersama Roma. Dalam laga yang mempertemukan Roma vs Genoa di Stadion Olimpico, Minggu (28/5/2017) kemarin, Totti baru tampil di menit 54 sebagai pemain pengganti.

Bermain di paruh kedua, Totti dkk. memastikan kemenangan Roma dengan skor akhir 3-2. Torehan positif itu pun terbilang krusial untuk I Lupi, sebab torehan ini memastikan mereka finis di peringkat 2 dan berhak maju ke fase grup Liga Champions 2017/2018.

Berkarier dengan Roma sedari tahun 1992, Totti lantas belum pernah meninggalkan klub sekalipun hingga ujung kariernnya. Walaupun kerap memperoleh penawaran dari sejumlah klub superior Eropa ketika masih di usia produktif, Totti enggan berpaling dan tetap setia dengan Roma.

Sepanjang kariernya bersama Roma, Totti mampu membukukan satu scudetto di musim 2000/2001. Tak hanya itu, Totti pun sudah memuncaki 2 titel juara Coppa Italia serta 2 titel Piala Super Italia.

Selama 25 tahun bersama La Maggica, Totti menjadi salah satu pemain yang memiliki total penampilan terbanyak bersama Roma. Di sisi lain, ia pun menjadi top skorer di sejarah Roma.

Berikut sejumlah torehan yang tercatat selama 25 tahun Totti berkiprah dengan AS Roma, seperti yang dikutip dari salah satu media:

786 – total penampilannya di pertandingan kompetitif bersama Roma di seluruh turnamen (pencapaian klub)

307 – total gol dalam pertandingan kompetitif bersama Roma di seluruh turnamen (pencapaian klub)

25 – total musim selama berkiprah di Serie A, setara dengan Paolo Maldini (AC Milan)

23 – total musim yang mana Totti menciptakan gol di Serie A (pencapaian)

32 – total gol paling banyak dalam satu musim (2006/2007). Dia meraih Sepatu Emas Serie A dengan torehan 26 gol disaat itu dan juga Sepatu Emas Eropa

16 – umurnya saat menjalani debut bersama Roma

40 – umurnya disaat ia menjalani laga terakhirnya bersama Roma

22 – umurnya saat dia mengemban tugas sebagai kapten Roma, ataupun yang termuda di sepanjang masa Serie A

1 – titel juara Serie A di musim 2000/2001

9 – sebagai runner-up Serie A

16 – kartu merah di sepanjang kariernya