Manajer Liverpool, Juergen Klopp menilai jika tidak mungkin bagi dia menduduki jabatan sebagai manajer Liverpool dalam waktu yang lama, apalagi selama 20 tahun, seperti Sir Alex Ferguson atau Arsene Wenger.

Klopp hanya butuh waktu yang relatif singkat untuk mencuri hati para suporter Liverpool. Dengan filosofi gegenpressing dan sepakbola rock and roll-nya, manajer asal Jerman itu membawa optimisme dan keyakinan bagi Merseyside Gangs.

Klopp memang sudah punya tempat di hati para fans setia Liverpool. Tak hanya karena apa yang dilakukan untuk squad The Reds dengan filosofi atraktifnya, tapi juga sikap hangat yang diperlihatkan di luar lapangan.

Berkaca pada hal itu, ada kemungkinan jika Klopp bertahan lama di Liverpool. Apalagi mantan manajer Borussia Dortmund ini baru menandatangani kontrak enam tahun pada musim panas lalu, sehingga dipastikan berada di Liverpool hingga 2022.

Walaupun demikian, sepakbola modern punya tantangan besar untuk para manajer. Tidak mudah menjadi manajer seperti Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson yang bertahan puluhan tahun daalm satu klub. Wenger sudah 22 tahun di Arsenal, sementara Alex Ferguson menghabiskan 27 tahun kala memimpin Manchester United.

“Tidak mungkin sampai kesitu. Saya respek dengan Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson atas apa yang mereka lakukan untuk sepakbola. 15 tahun awal mereka seperti liburan ketimbang 15 tahun terakhir pada pekerjaan itu,” kata Jurgen Klopp seperti yang dilansir Daily Mail.

“Saya tidak tahu banyak soal mereka. Tapi, ada pengaruh dari berbagai pihak tentang hal-hal yang tak saya mengerti. Saya 50 tahun dan masih banyak yang bisa saya lakukan. Tapi, sudah terlalu tua untuk sepakbola. Pada 20 tahun ke depan di usia 70 tahun, saya yakin tidak akan berada di sini,” lanjut dia.

Saat ini Liverpool berada di peringkat empat klasemen Premier League dan sudah memastikan diri lolos ke babak 8 besar Liga Champions. Klopp diharapkan bisa mengembalikan kejayaan The Reds, setidaknya memberikan trofi untuk mereka.