Mourinho Jadi Lebih Sabar Sejak Latih MU

Jose Mourinho

Manajer Manchester United, Jose Mourinho mengungkapkan bahwa dirinya merasa menjadi pelatih yang lebih baik semenjak menangani Manchester United, khususnya dalam hal pengendalian emosi. Mourinho merasa dia meraih sukses di musim pertamanya di Old Trafford.

Mourinho sedang memasuki musim keduanya melatih The Red Devils. Pada 2016/2017, manajer berkebangsaan Portugal tersebut memang kurang sukses di Premier League, dengan hanya finis di peringkat 6, namun dia berhasil mengantar MU meraih Piala Ligaris Ing dan Liga Europa, yang turut meloloskan ke Liga Champions.

Bagi Mourinho, Manchester United merupakan klub raksasa Eropa keempat sejak namanya meroket ketika menangani FC Porto. Sebelumnya, pria berusia 54 tahun itu pernah menjabat sebagai manajer Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid.

Untuk persoalan karakter pribadi, Sudah menjadi rahasia umum jika di masa lalu Mourinho sering membuat kontroversi dan dan psywar saat berbicara di konferensi pers jelang pertandingan untuk mendapat keunggulan psikologis atas lawan.

Mourinho juga beberapa kali diusir wasit dari pinggir lapangan karena melakukan protes secara belebihan kepada ofisial. Tidak jarang, serangkaian perisitiwa itu berbuntut sanksi denda bagi sang manajer. Namun hal itu sudah sangat jarang terjadi sejak dia melatih MU.

“Sekarang saya merasa bahwa saya adalah seorang pelatih yang jauh lebih baik daripada sebelumnya,” ungkap Mourinho kepada media Portugal, Record seperti yang dilansir dari Manchester Evening News.

“Terutama adalah karena pengendalian emosi yang sudah jauh lebih baik. Bagaimana cara saya mengatasi banyak kesulitan. Saya sekarang sudah merasa lebih sabar dan matang.”

Setelah hanya finis di peringkat keenam di Premier League musim lalu, Mourinho kini ditargetkan meraih titel juara. MU pun sedang berada di jalur positif setelah tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan pertama, yang enam di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Setelah jeda internasional, MU akan menghadapi ujian besar pertama mereka saat berkunjung ke markas Liverpool pada 14 Oktober 2017 mendatang.