Messi Sudah Cetak 100 Gol di Kompetisi Eropa

Lionel Messi

Satu gol ke gawang Olympiakos CFP bermakna spesial untuk penyerang Barcelona, Lionel Messi. Itu merupakan golnya yang ke-100 di kompetisi antarklub Eropa.

Messi menyumbangkan satu gol ketika Barcelona mengalahkan Olympiakos 3 – 1 dalam matchday ketiga Liga Champions di Camp Nou, Kamis (19 Oktober 2017) dinihari WIB. Gol tersebut dia buat melalui sebuah tendangan bebas di babak kedua.

Tambahan satu gol itu menggenapkan jumlah gol Messi di kompetisi Eropa menjadi 100 gol. Rinciannya adalah 97 gol dalam 118 pertandingan Liga Champions sementara tiga gol tambahan dalam empat pertandingan Piala Super Eropa. Semua gol itu dia ciptakan bersama Barca.

Messi mencetak gol pertamanya di kompetisi Eropa pada 2 November 2005 saat Barca mengalahkan Panathinaikos 5 – 0 di Camp Nou. Manajer Los Cules, Ernesto Valverde, mengharapkan lebih banyak gol yang akan dibuat oleh Messi. Valverde mengharapkan pemainnya itu mencapai 200 gol di kompetisi Eropa pada musim ini.

“Saya berharap Lionel Messi bisa mencetak 200 gol pada musim ini. Angka-angka ini mendukung apa yang kami lihat dalam sesi latihan bersama dia setiap harinya” kata Ernesto Valverde sambil bercanda.

Kemenangan atas Olympiakos CFP sendiri memantapkan posisi Barca di puncak klasemen sementara Grup D Liga Champions dengan koleksi sembilan poin. Mereka ada di atas Juventus (6 poin), Sporting CP (3 poin), dan Olympiakos CFP (0).

Messi mengawali tampil oke di awal musim ini bersama Barcelona. Di ajang La Liga, Messi sudah mengemas 11 gol dalam delapan kali penampilan. Angka itu sangat jauh dibandingkan rival beratnya, Cristiano Ronaldo. Bintang Real Madrid itu baru mencetak satu gol dari empat kali penampilannya.

Sementara di Liga Champions, Cristiano Ronaldo masih unggul jauh dari Messi. Ronaldo sudah mencetak gol ke-111 di kasta tertinggi kompetisi Eropa tersebut, atau 14 gol lebih banyak dari Messi. Gol ke-111 itu dicetak Ronaldo ke gawang Tottenham Hotspur lewat tendangan penalti. Laga tersebut berakhir 1-1 untuk kedua tim.