Bintang barcelona dan tim nasional Argentina, Lionel Messi tidak bisa berbuat apa-apa untuk menghindarkan Argentina dari kekalahan atas Kroasia. Messi bahkan sudah enam pertandingan gagal mencetak di babak utama Piala Dunia.

Sepanjang pertandingan Argentina melawan Kroasia, yang berakhir dengan kekalahan 3 gol tanp balas untuk La Albiceleste, Messi tercatat hanya mencatatkan satu tembakan yang dimentahkan oleh pemain lawan.

Messi juga gagal mencetak gol dari tendangan penalti Kroasia dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nizhny Novgorod. Dari dua operan yang dibuatnya di area tersebut, hanya satu yang sukses. Messi pun gagal menerima umpan silang yang menuju ke arahnya.

Sejak kickoff hingga pertandingan berakhir, Messi mampu mencatatkan 14 operan berhasil di sektor pertahanan Kroasia, namun hanya ada dua tendangan yang menjadi peluang bersih untuk La Albiceleste.

Para pemain Argentina sebenarnya sudah berusaha mengirimkan bola kepada La Pulga, tapi Kroasia yang bisa membaca pergerakan bola pun dengan sigap menutup ruang. Messi membuat 49 sentuhan sepanjang pertandingan, keempat paling sedikit dari seluruh pemain Argentina di pertandingan itu.

Performa itu menambah sorotan buat Messi secara khusus, yang dalam pertandingan pertama di Piala Dunia 2018 gagal mengonversi tendangan penalti ketika Argentina ditahan imbang oleh kesebelasan Islandia dengan skor 1 – 1.

Hal itu turut membuat Messi melanjutkan rekor gagal mencetak gol babak utama Piala Dunia. Selain dua pertandingan di Piala Dunia 2018 Rusia, Messi juga gagal mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir Argentina di Piala Dunia 2014 Brasil, di luar babak adu penalti.

Terakhir kali Messi mencetak gol Piala Dunia adalah pada 25 Juni 2014, dalam pertandingan terakhir fase grup, yakni dia gol ke gawang timnas Nigeria. Setelah itu, La Pulga sudah melepas 22 tembakan (12 di antaranya di Rusia) yang gagal berbuah gol di dalam enam pertandingannya di babak utama Piala Dunia.