Hampir dua tahun silam, tim nasional Prancis punya peluang untuk membawa pulang trofi Piala Eropa 2016. Ketika itu, tampil sebagai tuan rumah, Les Blues justru kalah dari timnas Portugal di partai final.

Walau demikian, publik sepak bola dunia sudah menyadari betapa bahayanya kekuatan tim yang kini ditangani oleh legenda Prancis Didier Deschamps itu. Boleh dibilang, squad Prancis saat ini adalah tim terbaik yang mereka punya.

Mari simak ulasan dibawah kenapa tim nasional Prancis bisa menjadi kontestan yang diunggulkan untuk menjadi juara Piala Dunia 2018 Rusia:

Kiper berpengalaman
Banyak orang setuju jika timnas Prancis punya squad terbaik di dunia. Pasalnya, mereka memiliki banyak pemain hebat yang merata di semua posisi.

Hugo Lloris, sang kiper yang juga menjabat sebagai kapten telah dianggap sebagai kiper terbaik di Liga Premier Inggris. Penjaga gawang Tottenham Hotspurs itu memiliki catatan mengesankan. Yaitu mencetak 73 cleansheet dalam 203 penampilannya bersama Tottenham Hotspurs.

Gelandang Dinamis
Manajer timnas Prancis, Didier Deschamps, sangat suka memakai formasi 4-3-3. Tiga pemain gelandang yang mengisi posisi tengah itu harus memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang sama baiknya.

Dengan ketenangan dan akurasi umpan 89,7%, N’Golo Kante dipastikan akan menempati satu tempat di squad Prancis. Kante juga merupakan pemain inti Chelsea. Pada musim 2016/2017, Kante terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Premier ketika berhasil mengantarkan Leicester City menjuarai Liga Premier musim itu.

Gelandang Ciamik
Satu keputusan paling sulit dihadapi oleh Deschamps adalah menentukan siapa yang akan beroperasi sebagai pemain sayap untuk jadi pendukung striker utama. Pasalnya, Prancis memiliki banyak winger hebat. Lihat aja banyak naman seperti Paul Pogba, Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, Anthony Martial, Thomas Lemar, dan Florian Thauvin.

Mbappe, telah menunjukkan diri sebagai pemain yang bisa diandalkan. Pada usia yang masih 19 tahun, dia telah mencetak 13 gol dan 8 assist bagi Paris Saint-Germain. Bisa dipastikan Mbappe bakal mengisi satu slot di posisi sayap.

Striker Haus Gol
Peluang Prancis untuk memenangi Piala Dunia sangat besar. Pasalnya, mereka memiliki barisan penyerang yang sangat haus gol seperti Antoine Griezmann dan Oliver Giroud.

Antoine Griezmann telah mencetak 19 gol dan 8 assist untuk Atletico Madrid di sepanjang musim ini. Oliver Giroud yang baru pindah dari Arsenal ke Chelsea, juga telah menujukkan dirinya layak diandalkan. Giroud adalah raja bola udara. Situasi tendangan pojok maupun set piece lainnya bakal menguntungkan Prancis jika memainkan Giroud.