Frank Lampard terbilang wajar menunjukkan rasa percaya dirinya bisa mengangkat derajat Chelsea di musim baru nanti. Akan tetapi akan berbanding terbalik dan jabatannya menjadi pertaruhan besar andai The Blues kembali merosot ke jurang yang sama seperti musim lalu.

Lampard sekarang berbeda dengan pelatih sebelumnya, dimaan situasi Lampard berbeda dengan beban yang sangat berat. Dirinya data ketika Chelsea tidak bisa membeli pemain-pemain baru, dan makin parahnya lagi Chelsea kehilangan Eden Hazard ke Real Madrid.

Situasi ini mengharuskan Lampard memanfaatkan pemain-pemain yang sudah ada, juga beberapa pemain muda. Jika melakukan perbandingan, maka perbandingan ini sangat jauh berbeda dengan rival-rival lain yang terus mengembangkan tim.

“Saya khawatir dengan Chelsea dan sudah pasti dengan status Frank. Siapa pun yang melatih Chelsea, mereka bakal kesulitan,” ucap Steve Nicol selaku analis ESPN FC.

Jika mengartikan maksud dari pernyataan Nicol, maka Lampard bisa jadi akan kehilangan kepercayaan fans Chelsea begitu meraih beberapa hasil buruk. Dirinya menambakan jika Chelsea yang sekarang tidak memiliki skuat yang bagus. The Blues tidak punya penyerang yang bisa diharapkan mencetak gol, dan situasi ini menjadi masalah besar bagi mereka.

“Sudah pasti Frank akan merasakan tekanan yang begitu besar karena ini adalah pekerjaan pertama nya di tim yang lebih besar dan dia tidak bisa mendatangkan satu pemain pun, itu adalah bencana yang seperti bom waktu. Sepak bola adalah soal gol,” lanjut Nicol.

“Dari belakang sampai lini tengah, anda tahu apa yang bisa diberikan Chelsea. Namun, dari mana gol-gol itu akan tiba?. [Olivier] Giroud, dia tidak bisa mencetak gol untuk Prancis padahal mereka mungkin tim terbaik di dunia, dan dia memainkan setiap pertandingan,”

Lampard sejatinya sedikit mendapatkan dorongan kepercayaan diri usai Chelsea mendatangkan Christian Pulisic yang dibeli Chelsea pada Januari 2019 lalu. Terlepas dari itu, patut disadari bahwa Pulisic masih begitu muda, dan musim pertama di Premier League selalu tidak berjalan mudah bagi pendatang baru.

“Willian, dia jelas jarang mencetak gol dewasa ini. Ada Pedro yang tidak bisa diandalkan. Tidak adil mengharapkan Christian Pulisic untuk langsung melaju dan mencetak banyak gol. Saya sungguh khawatir untuk Lampard sebab saya tidak bisa melihat dari mana gol-gol itu akan tiba,” tutup Nicol.