Kalahkan Madrid, Tottenham Layak Diperhitungkan

Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur tampil impresif dengan mengalahkan juara bertahan Real Madrid. Hasil ini sudah berhasil membuktikan jika Tottenham Hotspur pantas berada di antara tim-tim terbaik di Eropa.

Tottenham Hotspur unggul tiga gol lebih dulu mengalahkan Real Madrid dengan skor 3 – 1 dalam lanjutan penyisihan Grup H Liga Champions di Wembley, Kamis (2 November 2017) dinihari WIB. Dele Alli menjadi bintang kemenangan tuan rumah dengan dua golnya yang disempurkan oleh Christian Eriksen.

Satu-satunya gol balasan Real Madrid terjadi di 10 menit terakhir pertandingan melalui Cristiano Ronaldo. Dengan demikian, Tottenham Hotspur tidak terkalahkan melawan Madrid di musim ini. Pada pertamuan sebelumnya di Santiago Bernabeu, the Lilywhites berhasil mengimbangi Los Blancos dengan skor 1-1.

Kemenangan atas Real Madrid sekaligus memastikan kelolosan Tottenham Hotspur ke babak 16 besar sekaligus mematahkan prediksi. Di awal kompetisi, Tottenham Hotspur kurang dianggap menyusul kehadiran Borussia Dortmund yang dipandang memiliki pengalaman dan tradisi di Liga Champions yang lebih baik.

Bersinarnya Tottenham Hotspur di Eropa seiring dengan menanjaknya penampilan mereka di Premier League. Dalam dua musim terakhir, The Lilywhites memperlihatkan kemajuan pesat setelah finis kedua pada musim lalu dan di peringkat tiga di musim sebelumnya.

“Kemenangan melawan tim besar macam Real Madrid membawa sejumlah konsekuensi dalam hal membuat kami pantas diperhitungkan. Kemenangan ini membuat orang-orang Eropa akan melihat kami. Anda telah melihat pada hari ini bahwa Tottenham Hotspur sekarang adalah sebuah tim besar” ungkap manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino dalam The Guardian.”

Mauricio Pochettino memperingatkan seluruh anak-anak asuhnya untuk tidak terlena. Tottenham Hotspur harus bisa menaikkan level permainan mereka untuk bersaing dalam perebutan gelar juara di musim ini, karena tanpa trofi perjuangan mereka tidak akan ada artinya.

“Apa yang penting bagi saya adalah bahwa kami sudah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya. Kami mulai percaya pada potensi dan kualitas kami. Kami sekarang bisa bersaing dengan tim-tim terbesar dalam hal level fisik dan mental. Tujuan kami adalah menang di semua kompetisi yang kami ikuti,” tutup Mauricio Pochettino.