Jadi Pahlawan Chelsea, Batshuayi Layak Dapat Tempat Di Tim Utama

Michy Batshuayi

Michy Bathsuayi dikenal sebagai pemain pengganti nomor satu di Chelsea. Ada statistik yang menunjukkan dia juga striker tajam yang sebenarnya lebih pantas masuk di squad inti ketimbang hanya menjadi cadangan.

Batshuayi mencetak dua gol akhir pekan lalu, yang membantu Chelsea mengalahkan Watford dengan skor 4 – 2 di Stamford Bridge, Sabtu (21 Oktober 2017). Dua gol striker berkebangsaan Belgia itu membantu The Blues membalikkan keadaan dan menang.

Itu bukan pertama kalinya Batshuayi dimainkan dari bangku cadangan dan tampil sebagai bintang. Di ajang Liga Champions, golnya di injury time mengantarkan The Blues menang 2 – 1 atas Atletico Madrid.

Batshuayi, yang sudah mencetak tujuh gol di ajang Premier League musim ini, rupanya menyimpan statistik yang cukup mengesankan. Pemain berusia 24 tahun tersebut punya rasio menit per gol terbaik dibanding beberapa striker Premier League lainnya.

Dalam data yang dilansir dari situs resmi Premier League beberapa waktu lalu, Michy Bathsuayi rata-rata mencetak gol setiap 60,6 menit. Jumlah tersebut merupakan yang terbaik di Premier League saat ini.

Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus, yang sudah mencetak 13 gol, rata-rata melakukannya setiap 88,8 menit. Sementara Alvaro Morata, rekan satu tim Michy Bathsuayi di Chelsea, rata-rata menjebol gawang lawan tiap 92,2 menit.

Mengenai rasio gol per menit ini, Batshuayi juga lebih baik ketimbang Sergio Aguero (Manchester City-108,1 menit) dan Harry Kane (Tottenham Hotspur-115,2 menit). Catatan Batshuayi juga lebih baik daripada striker lawas seperti Thierry Henry (Arsenal-121,8 menit), Ruud van Nistelrooy (Manchester United-128,2 menit) serta Luis Suarez (Liverpool-138,8 menit).

Catatan di atas membuat Michy Bathsuayi tidak hanya pantas disematkan status pemain pengganti super (supersub) berkat enam dari tujuh gol yang dia buat saat jadi pemain cadangan. Ia pun kini pantas disebut striker mematikan di Premier League.