Ini dia tim-tim Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan

Premier League

Siapa-siapa saja tim Premier League yang akan bermain di kompetisi Eropa musim depan akhirnya diketahui. Untuk kali pertama dalam 21 tahun, Arsenal tidak lolos di zona Liga Champions.

Di pekan terakhir Liga Inggris 2016/2017, terdapat dua jatah tiket ke Liga Champions yang tersisa untuk diperebutkan. Ada tiga klub yang masih punya kesempatan meraihnya yakni Manchester City, Liverpool, dan Arsenal.

The Citizens dan The Reds dalam posisi lebih baik karena mereka unggul di posisi klasemen. Manchester City cuma butuh hasil imbang untuk bisa lolos, sementara Liverpool wajib meraih kemenangan. Di sisi lain, The Gunners harus menang dan dengan catatan tim-tim di atas harus kalah.

Malam tadi takdir sudah memutuskan kalau Manchester City dan Liverpool, yang sama-sama meraih kemenangan, akan pergi bersama Chelsea dan Tottenham Hotspur lolos ke Liga Champions. Arsenal, walaupun menang, harus menerima kenyataan terlempar ke Liga Europa.

Yang akan bermain bersama Arsenal Liga Europa adalah Everton. Berada di peringkat tujuh, Everton memperoleh tiket Liga Europa dari jatah Manchester United yang memenangkan Piala Liga Inggris.

The Red Devils sendiri sudah lolos ke Liga Europa karena mengakhiri musim di peringkat enam dan menerima jatah milik juara Piala FA — di mana kedua finalisnya (Arsenal dan Chelsea) sudah lebih dulu memastikan lolos ke kompetisi Eropa.

Untuk Manchester United, di mana mereka bermain musim depan masih jadi tanda tanya. Jika berhasil menjuarai Liga Europa, Wayne Rooney dan kawan-kawan akan berlaga di Liga Champions. Tapi jika kalah atas Ajax Amsterdam di final, mereka akan bergabung dengan Everton dan Arsenal di Liga Europa.

Ini dia tim-tim Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan:

Liga Champions
Chelsea – juara Premier League
Tottenham Hotspur – runner up
Manchester City – posisi tiga
Liverpool – posisi empat
Manchester United (?) – jika jadi juara Liga Europa

Liga Europa
Arsenal – posisi lima
Everton – pengalihan jatah juara Piala Liga Inggris
Manchester United (?) – pengalihan jatah juara Piala FA (jika gagal juara Liga Europa)