Fakta Menarik Soal Kiper Termahal Inggris

Jordan Pickford

Everton resmi merekrut Jordan Pickford di bursa transfer musim panas ini. Pembelian Pickford dari Sunderland membuatnya menjadi kiper termahal di Liga Inggris. Ada beberapa fakta menarik tentang Pickford.

Everton merekrut Pickford pada Kamis (15 Juni 2017) waktu setempat. The Toffees mendatangkannya dengan harga 25 juta poundsterling, dan bisa membangkak hingga 30 juta poundsterling jika tim serta si pemain sendiri memenuhi klausul performa tertentu.

Dengan harga pembelian sebesar itu membuat Pickford menyandang status sebagai kiper termahal Inggris. Secara keseluruhan, pemain berusia 23 tahun itu menjadi kiper termahal ketiga di dunia setelah Ederson Moraes (Brasil) dan Gianluigi Buffon (Italia).

Ada sejumlah fakta menarik mengenai Pickford yang sejak bermain di level junior berkarier bersama Sunderland. Dalam situs resmi Everton, dikatakan juga jika Jordan Pickford sangat menggemari olahraga tinju.

“Jika sedang tidak bermain sepakbola, Jordan juga merupakan penggemar tinju dan sering memperlihatkan dukungannya di media sosial kepada petinju Kell Brook, Scott Quigg, dan Anthony Joshua. Dia juga berteman baik dengan petarung kelahiran Sunderland Josh Kelly, yang menjadi wakil Britania Raya untuk Olimpiade Rio 2016 dan sekarang menjadi petinju profesional,” tulis Everton.

Tidak hanya itu, Pickford juga disebut punya kemampuan mengirimkan bola yang sangat baik. Mantan manajernya saat bermain di Preston North End, Simon Grayson yang mengatakan fakta tersebut.

“Saat klub top mencari seorang penjaga gawang, mereka mencari penjaga gawang yang mampu menghentikan tembakan tapi juga punya kaki yang luar biasa, dan saya bisa bilang bahwa dia bisa saja bermain di luar posisi kiper dengan kualitas kaki yang dia miliki,” ujar Simon Grayson.

Pickford sempat bermain untuk klub-klub di kasta bawah seperti Darlington, Alfreton Town, Burton Albion, Carlisle United, Bradford City, serta Preston North End. Namun, ia memang diprediksi akan punya karier yang cemerlang.

“Saya punua keyakinan jika Jordan Pickford akan menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia,” ungkap Craig Liddle.