Ederson Moraes Punya Modal Jadi Kiper Nomor 1 Dunia

Ederson Moraes semakin bersinar sejak pindah ke Manchester City. Penjaga gawang tim nasional Brasil itu dianggap memiliki modal untuk menjadi kiper nomor 1 dunia.

Penilaian tersebut dikatakan oleh Julio Cesar, penjaga gawang yang memperkuat tim nasional Brasil di ajang Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014. Cesar mengaku terkesima dengan apa yang ditunjukkan oleh Ederson di atas lapangan sejauh ini.

Sebagai seorang penjaga gawang, Ederson memang tidak hanya piawai menghalau berbagai serangan yang dilancarkan oleh para pemain lawan. Kiper berusia 24 tahun tersebut juga punya distribusi bola yang sangat baik. Dia begitu tenang mengoperkan bola walaupun sedang ditekan pemain lawan.

Sejak direkrut oleh Manchester City, Ederson telah mencatat enam clean sheet dalam 11 pertandingan Premier League musim ini. Keputusan Josep Guardiola untuk memboyongnya dari SL Benfica di bursa transfer musim panas lalu pun terbukti jitu.

“Ederson Moraes adalah seorang seorang penjaga gawang yang terus menunjukkan perkembangan sepanjang waktu,” ujar Julio Cesar kepada ESPN FC.

Dalam ajang Piala Dunia 2018, Ederson memperebutkan posisi kiper nomor satu kesebelasan Brasil dengan Alisson Becker. Walaupun selama ini Alisson lebih sering dimainkan, Cesar yakin Ederson masih punya waktu untuk menembus tim inti Brasil.

“Dia siap bermain di Piala Dunia dan dia punya semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi kiper nomor 1 di dunia. Dia adalah seorang penjaga gawang yang sudah komplet, yang sangat bagus ketika keluar dari sarangnya. Orang-orang sangat menikmati permainannya,” kata Julio Cesar.