Keberhasilan Wigan Athletic mempermalukan Manchester Manchester City di Piala FA merupakan pencapaian dahsyat yang layak mendapatkan apresiasi. Menilik dari segi finansial, misalnya, dengan Wigan Athletic tampak seperti semut di hadapan gajah.

Satu gol yang dibuat oleh Will Grigg di DW Stadium, Selasa (20 Februari 2018) dini hari WIB, memastikan Wigan Athletic melangkah ke babak perempatfinal Piala FA dengan kemenangan tipis 1 – 0 atas Manchester City.

Dengan Wigan Athletic kini main di ‘hanya’ berkompetisi di kasta ketiga Inggris sementara Manchester City menguasai puncak klasemen Premier League, hasil ini sekaligus menjadi salah satu kisah sukses para “pembunuh raksasa”, yang memang bukan hal asing di Piala FA.

Keberhasilan Wigan Athletic mengalahkan Manchester City ini akan jadi terasa semakin luar biasa jika melihat beberapa fakta di bawah ini, yang menunjukkan jika The Latics sebenarnya kalah segala-galanya dari The Citizens.

Dalam catatan BBC, Wigan Athletic hanya mampu mencatatkan penguasaan bola sebesar 17,5%. Berbanding terbalik dari Manchester City yang mendominasi penguasaan bola sebesar 82,5%. Sepanjang pertandingan ini, Will Grigg dan rekan-rekannya juga hanya melepaskan empat tembakan. Berapa yang dibuat Sergio Aguero dan kawan-kawan? 29, alias tujuh kali lebih banyak.

Yang paling mencolok tentu saja adalah soal kedalam squad. Manchester City memiliki skuat paling mahal di dunia sepakbola saat ini. Saat menghadapi Wigan Athletic, starting eleven Manchester City pun diestimasi mencapai hitungan 349 juta poundsterling (sekitar Rp 6,627 triliun). Aymeric Laporte merupakan pemain termahal yang dibeli seharga 57 juta poundsterling.

Lalu bagaimana dengan Wigan Athletic? BBC menyebut starting eleven Wigan Athletic di pertandingan ini berisi delapan pemain berstatus bebas dan satu pemain pinjaman. Sisanya, Grigg menjadi pemain termahal dengan 1,3 juta poundsterling dan Nathan Bryne dengan 531 ribu poundsterling.