Belanda Keluarkan Danny Blind

Danny Blind harus menerima keluar dari posisinya sebagai pelatih tim nasional Belanda. Blind dikeluarkan sebab timnya dapatkan sejumlah hasil buruk pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Belanda memecat Blind belum lama usai hasil negatif 0-2 saat melawan Bulgaria pada hari Sabtu (25/3/2017), di Sofia. Hasil negatif itu bikin Oranje tercecer di urutan 4 klasemen sementara Grup A dengan raih 7 poin lewat 5 pertandingan.

Belanda, yang tidak berhasil masuk ke putaran final Piala Eropa 2016, sekarang terancam tak berhasil masuk ke 2 turnamen besar dengan berturut-turut. Mereka berselisih 6 poin dari Prancis yang berada di urutan teratas klasemen Grup A dan 3 poin di belakang Swedia yang ada di urutan 2. Sedangkan hanya juara grup saja yang otomatis masuk ke babak final Piala Dunia 2018, sedangkan runner-grup perlu berselisih lewat play-off.

Untuk menolong kesempatan mereka, Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) putuskan untuk lakukan pergantian pelatih.

“Kami hargai dengan apa yang telah Danny perbuat untuk kami dan tim sedari ia menduduki kursi pelatih. Namun, disebabkan beberapa hasil yang mengecewakan, dan karena masuk ke Piala Dunia di Rusia saat ini tidaklah mudah, sayangnya kami mau tak mauingin keluarkan dia,” ucap Direktur KNVB, Jean Paul Decossaux.

Blind yang saat ini sudah berumur 55 tahun, jadi pelatih dari Belanda sedari bulan Juli 2015 untuk gantikan posisi Guus Hiddink. Tetapi, di bawah pimpinannya, Belanda tunduk 5 kali lewat 9 pertandingan kompetitif.

Sang pelatih Belanda U-21, Fred Grim dipilih menjadi pelatih interim. Grim bakal membawa tim di pertandingan friendly berhadapan dengan Italia pada hari Selasa (28/3) di Amsterdam Arena.