Arsenal Tunggu Duet Maut Aubameyang dan Mhitaryan

Pierre-Emerick-Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang dan Henrikh Mkhitaryan akan kembali bermain bersama, menyusul kepindahan kedua pemain tersebut ke Arsenal. Semasa berseragam Borussia Dortmund, duet kedua pemain ini sangat mematikan.

Arsenal sudah mengumumkan secara resmi mendapatkan Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund. Sky Sports memperkirakan Meriam London mengucurkan dana sebesar 60 juta poundsterling (sekitar Rp 1,1 triliun) untuk memperoleh tanda tangan Aubameyang, sementara BBC menduga di angka 56 juta Borussia Dortmund.

Kedatangan Aubameyang ke Arsenal sekaligus membuatnya kembali bermain dengan jersey yang sama bersama Mkhitaryan. Sebelumnya, kedua pemain itu sempat bersama-sama berseragam Die Borussen pada periode 2013 sampai 2016.

Selama bersama-sama berseragam Borussia Dortmund, Aubameyang dan Mkhitaryan berhasil menjadi ‘duet maut’. Sejak sama-sama merapat ke Signal Iduna Park di awal musim 2013/2014, keduanya kerap bergantian menjadi pelayan untuk membantu tim mencetak gol.

Menurut data yang dilansir oleh Transfermarkt, dari 41 gol yang dicetak Mkhitaryan untuk Borussia Dortmund, paling banyak tercipta melalui assist Aubameyang. Pria asal Armenia itu mencatatkan sembilan assist, sama seperti Marco Reus.

Dari 80 gol yang dibuat oleh Aubameyang dalam periode 2013-2016 untuk Die Borussen, 10 di antaranya lahir lewat assist Mkhitaryan. Mkhitaryan pun tercatat sebagai pemain yang paling rajin menyuplai mantan striker AC Milan tersebut.

Artinya secara keseluruhan, kerja sama Mkhitaryan dan Aubameyang sudah membuahkan 19 gol. Dalam video pengumuman Aubameyang di media sosial pun Arsenal turut memperlihatkan sosok Mkhitaryan. The Gunners tampaknya tahu betul keduanya punya chemistry yang kuat.

Sementara itu, Arsenal memang melakukan perombakan besar-besaran untuk memperbaiki musim. Pasalnya, mereka telah gugur di babak awal FA Cup usai kalah 4-2 dari Nottingham Forest. Dan juga baru dipermalukan Swansea City 3-1 di Premier League. Bisa jadi, kedatangan Aubameyang, menambah daya ledak The Gunners untuk mengarungi kompetisi tersisa.