Alexis Sanchez Gabung MU Bukan karena Uang

Alexis Sanchez

Mantan pemain Arsenal, Robert Pires menepis anggapan Alexis Sanchez merupakan orang yang mata duitan. Hal itu ditegaskan Pires dengan mengutip kata-kata Sanchez ketika dulu pertama kali merapat ke Arsenal.

Sanchez saat ini di ambang kepindahan dari Arsenal ke Manchester United. Kabarnya pemain internasional Chile itu akan memperoleh 500 ribu poundsterling per pekan di MU, yang membuatnya jadi pemain yang mendapatkan bayaran tertinggi di Inggris.

Hal itu pada prosesnya turut memunculkan anggapan bahwa Sanchez adalah orang yang “mata duitan”. Salah satu penilaian itu diungkapkan oleh Martin Keown, yang pernah memperkuat The Gunners pada periode 1993–2004.

Akan tetapi, Pires tidak sependapat. Pria yang sempat memperkuat Arsenal pada kurun waktu 2000–2006 itu menyebut Sanchez punya alasan kuat untuk angkat kaki dari Arsenal, sebagaimana yang pernah dia katakan ketika pertama kali merumput di Emirates Stadium pada musim panas 2014.

“Alesix mencapai level dimana kemampuannya bisa dinikmati oleh orang banyak. Orang-orang di Inggris senang melihat pemain yang gigih. Itu alasan kenapa banyak orang yang menyenanginya,” kata Robert Pires seperti dikutip Mirror.

“Pertama dia datang ke Arsenal, dia bilang begini kepada saya, ‘Di sini saya ingin meraih gelar-gelar juara’. Dan saya senang dengan sikap seperti itu. Nanti orang-orang akan memahami seberapa pentingnya dia dulu untuk Arsenal,” tutur Robert Pires.

Bersama Arsenal, Sanchez berhasil memenangkan satu gelar Community Shield (2014) dan dua Piala FA (2014/2015 dan 2016/2017). Kegagalan finis empat besar di Premier League musim lalu membuat Arsenal kini absen di Liga Champions, pertama kalinya sejak 1997–1998.

Sementara itu MU musim lalu berhasil memenangkan Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa. Keberhasilan di ajang yang disebut terakhir itu turut mengantar MU tampil di Liga Champions musim ini.